A.
PROFIL
PROGRAM KEAHLIAN
Rekayasa
perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa inggris: Software Engineering atau SE)
adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan
perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan
perangkat lunak dan manajemen kualitas.
IEEE Computer Society
mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang
sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan
pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu
penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.
Rekayasa perangkat lunak
adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan,
memelihara, dan membangun kembali dengan
menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat
bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
Program Keahlian Rekayasa
Perangkat Lunak di SMK Manangga Pratama dimulai pada tahun 2007 dengan jumlah
siswa 66 Siswa dan sekarang pada tahun ajaran 2015-2016 mencapai 337 peserta
didik.
B.
TUJUAN
PROGRAM KEAHLIAN
1. Menghasilkan
lulusan yang berketuhanan Yang Maha Esa, bertakwa, berakhlak mulia, produktif,
adaptif, kreatif dan inovatif di bidang Teknologi Informatika khususnya
Rekayasa Perangkat Lunak (Software
Engineering) serta mampu melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai
warga negara.
2. Meningkatkan
kecerdasan yang bermartabat didasari azas kecakapan hidup di bidang Teknologi
Informatika – Rekayasa Perangkat Lunak (Software
Engineering).
3. Menghasilkan
tamatan yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar tenaga kerja baik
nasional, regional maupun internasional dibidang Teknologi Informatika –
Rekayasa Perangkat Lunak (Software
Engineering).
4. Membekali peserta
didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :
a. Menginstalasi
software aplikasi spesifik
b. Mengoperasikan
software aplikasi spesifik
c. Merawat software
aplikasi spesifik
d. Membangun
software aplikasi spesifik
e. Mengelola usaha
di bidang pembuatan software aplikasi.
5. Membekali peserta
didik dengan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni agar mampu mengembangkan
diri baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
C. KOMPETENSI LULUSAN
1. Memiliki Keimanan
Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlaqul karimah
2. Berjiwa sosial
yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
3. Mampu Merakit,
Menginstalasi, Merawat, dan Memperbaiki Personal Computer (PC)
4. Mampu
menginstalasi sistem operasi dan menginstalasi aplikasi-aplikasi komputer baik opened source ataupun closed source.
5. Mampu
menginstalasi jaringan lokal dan mengoperasikan jaringan wired dan wireless
6. Mampu merancang,
membuat dan mengaplikasikan tampilan website secara statis
7. Mampu membuat,
mengelola dan memelihara aplikasi website dinamis
8. Mampu membuat,
mengelola dan memelihara aplikasi berbasis desktop client-server.
9. Mampu merancang,
membuat, mengelola dan memelihara basis data client-server
10. Mampu merancang
berbagai perangkat lunak berbagai platform dengan berbagai teknik pemodelan
perangkat lunak.
D. PROSPEK LULUSAN
1. Operator Komputer
dan Administrasi Perkantoran
2. Teknisi Komputer
3. Teknisi Jaringan
Junior
4. Software Engineer
5. Database Analyze
6. Web Designer
7. IT Consultant
8. Melanjutkan ke
Perguruan Tinggi, atau Pondok Pesantren
9. Techno-Preneur (entrepreneur/wirausahawan
bidang teknologi)
0 komentar:
Posting Komentar